Arif Munandar Pastikan Stok Belangko e-KTP Mencukupi

SUARA JAMBI – Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Provinsi Jambi pastikan ketersedian stok belangko e-KTP di wilayah Provinsi Jambi tahun 2020 mencukupi.

“Sampai sekarang, mengenai belangko e-KTP di Kabupaten/Kota tidak ada masalah,” kata Arif Munandar, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi, Kamis (20/02/2020).

Hanya saja, kata Arif seringkali terkendala dengan adanya pergantian status seperti, penduduk datang, pindah, meninggal, lahir, sehingga perlu di-update terus datanya.

“Jadi ini memang kendala kita, kita harus terus berupaya untuk meningkatkan target kinerja kita,” ucapnya.

Arif mengatakan, sebanyak 2,5 juta penduduk Jambi sudah 98 persen merekam e-KTP. Sedangkan sekitar 40 ribu warga yang belum melakukan perekaman.

“Jika memang di Sarolangun 17 ribu tidak di temukan berarti target kita mendekati 99 persen, ini sangat di butuhkan karena kita akan mau pilkada untuk kita Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), yang kita serahkan harus betul-betul valid, tapi kan persoalan kita banyak,” ujarnya.

“Jadi dari Indonesia khususnya warga di provinsi Jambi untuk datang mungkin ktp-nya ada yang rusak, mungkin yang mau diperbarui, dari mahasiswa menjadi PNS atau mahasiswa jadi aparat TNI atau polri ada yang kawin tidak kawin ya silahkan untuk mencetak KTP dan lainnya, kita akan buka konter 11 kabupaten kota dan wilayah Indonesia lainnya karena ada dari Kemendagri disitu, dan insyaallah direncanakan pak dirjen akan hadir sekaligus kita akan loncing mobil pelayanan keliling untuk warga masyarakat di provinsi Jambi,” terang Arif.

Arif Munandar berharap pada 25 Februari dan selama 3 hari warga masyarakat provinsi Jambi yang ingin mengurus Adminduk terutama masalah blangko. (Zal)

Komentar