UMKM Ala KKU IAK SS, Pelepah Pisang Jadi Olahan Cemilan

SUARA BANGKO – Penempatan lokasi KKU IAK SS Muara Bungo pada tahun ini tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bungo, Tebo dan Merangin. Di Kabupaten Merangin ditempatkan tiga posko, yaitu posko 6 Desa Sekancing Ilir, Posko 7 Desa Beringin Sanggul, dan Posko 8 Desa Sekancing.

Cemilan yang dibuat KKU Mahasiswa IAK SS Muara Bungo.

Sekancing Ilir merupakan sebuah desa yang terletak dalam Kecamatan Tiang Pumpung, Kabupaten Merangin. Desa Sekancing Ilir ini juga merupakan salah satu desa yang dijadikan sebagai lokasi Kuliah Kerja Usaha Tematik Desa Membangun, Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo (KKU IAK SS).

Pelaksaksanaan kegiatan KKU IAK SS kali ini dilaksanakan selama 45 hari yang dimulai dari tanggal 11 Juli 2022 sampai dengan 25 Agustus 2022. Di dalam buku pedoman KKU Tematik IAK SS Tahun 2022, peserta mahasisswa KKU dituntut untuk merancang dan melaksanakan program kerja yang sudah direncanakan sebelumnya, baik itu program kerja utama maupun program kerja pengembangan.

Program kerja utama KKU IAK SS merupakan rangkaian/kegiatan mahasiswa selama masa penempatan yang di susun setelah menentukan prioritas kegiatan dengan 3 sub tema pilihan kegiatan yang dapat dipilih, adapun 3 sub tema kegiatan pilihan program kerja utama adalah Desa Wisata, Pengembangan Ekonomi Kreatif, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Setelah mahasiswa KKU melihat situasi dan potensi Desa Sekancing Ilir, kali ini mahasiswa KKU IAK SS posko 06 di bawah bimbingan lapangan Bapak Joko Susanto, S.Sos.,M.A menentukan program utamanya adalah Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat khususnya Ibu PKK desa sekancing Ilir dengan tema ”Pelatihan UMKM Desa Sekancing Ilir tentang Pengolahan Banana Taro dan Seblak Pisang”, dengan bahan utama yang digunakan adalah Pelepah Pisang dan Pisang mentah.

Sebelum melaksanakan kegiatan pelatihan, mahasiswa KKU IAK SS posko 06 tersebut terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan, yang salah satunya bahan utamanya adalah pelepah pisang dan pisang mentah. Pada awalnya masyarakat setempat terkejut dengan bahan utamanya, yaitu pelepah pisang yang bisa dijadikan sebagai cemilan maupun untuk dipasarkan nantinya, karena selama ini masyarakat tidak mengetahui terkait dengan manfaat pelepah pisang tersebut.

Dengan adanya Mahasiswa KKU IAK SS Muara Bungo, mereka membuat sebuah inovasi di desa tersebut yaitu dengan di adakannnya pelatihan oleh Mahasiswa KKU IAK SS posko 06 tentang pengolahan pelepah pisang kepada masyarakat.

Masyarakat Desa Sekancing Ilir, khususnya Ibu PKK yang pada awalnya tidak mengetahui manfaat dari pelepah pisang, sekarang mereka menjadi tahu dan mereka juga sangat antusias sekali untuk menghadiri pelatihan tersebut.

Kegiatan pelatihan UMKM tentang pengolahan pelepah pisang merupakan bentuk wujud nyata selama mahasiswa tersebut menempuh mata kuliah kewirausahaan selama di kampus IAK SS pada smester 6 dan mereka menerapkannya di lokasi KKU pada tahun ini.

Kegiatan pelatihan di Desa Sekancing Ilir, diawali dengan memberikan edukasi ataupun pemahaman kepada masyarakat tentang proses awal sampailah kepada pengemasan produk dan memberikan merk produk, setelah memberikan pemahaman, mereka langsung mempraktekkan cara pengolahannya dari awal hingga selesai, kemudian pelepah pisang dan buah pisang sudah di olah menjadi cemilan, maka diberi nama ‘BANANA TARO dan SEBLAK PISANG.

Kegiatan pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKU IAK SS posko 06 di Desa Sekancing Ilir kali ini berjalan dengan sukses, respon Ibu PKK juga sangat baik dan sangat antusias sekali untuk menghadiri kegiatan pelatihan tersebut dari awal hingga selesai. Dengan selesainya kegiatan pelatihan UMKM bersama Ibu-Ibu PKK diharapkan bisa menularkan dan mengajak Ibu–Ibu Rumah tangga lainnya untuk mengolah sendiri di rumahnya masing-masing dengan bahan utamanya adalah pelepah pisang dan pisang mentah yang menjadi cemilan, dan bisa dipasarkan agar menjadi penghasilan tambahan buat Ibu-Ibu dan masyarakat Desa Sekancing Ilir.

Adapun tanggapan yang diberikan oleh Kepala Desa Sekancing Ilir terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKU IAK SS posko 06 sangat mendukung sekali.

Kepala Desa setempat berharap kegiatan ini tetap berlanjut, sehingga kegiatan mahasiswa KKU IAK SS meninggalkan manfaat dan kesan yang baik serta ilmu tentang UMKM kepada masyarakat Desa Sekancing Ilir.

Penulis : Joko Susanto., M.A
Dosen Pada Fakultas Administrasi, Intitut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo.

Komentar