Ruas Jalan Dusun Tanah Periuk Mulai Dikerjakan

354

SUARA BUNGO – Lebih kurang 17 tahun sudah, jalan poros Dusun Tanah Periuk belum tersentuh pengaspalan baru, sehingga kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan, karena pengguna jalan sama-sama menghindari jalan yang berlobang. Dengan memanjat rasa puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, tepat Minggu 1 April 2018, CV Citra Agung mulai melakukan pembangunan jalan tersebut.

Selain memakan korban, masyarakat juga sudah beriba hati(bersedih), Tanah Periuk sebagai dusun tertua, jalannya juga tua dan tak pernah lagi menikmati anggaran pembangunan jalan.

Proyek jalan dengan nama kegiatan Pemeliharaan Berkala Jalan Nasional ini, menelan dana Rp 2.0656.890.000, dari sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2018, sepanjang lebih kurang 1,9 KM.

Rio Dusun Tanah Periuk, Helmi didampingi M Thamrin dan Muhammad Nur (mantan Rio Dusun Tanah Periuk) serta masyarakat lainnya mengucapkan terima kasihnya kepada Abdul Qodir Umar (AQUR) yang telah peduli dan berjuang untuk pembangunan jalan yang sudah diidam-idamkan masyarakat Dusu Tanah Periuk selama ini.

“Atas nama masyarakat Dusun Tanah Periuk, kami mengucapkan terima kasih kepada nakanda, adik atau saudaro kito Abdul Qodir. Beliau menyampaikan perihal pembangunan jalan ini Kamis malam Jumat 30 November 2017 lalu di Masjid Darul ‘Amilin sewaktu peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, didepan Bupati Bungo H Mashuri dan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Bungo M Thamrin dan ribuan warga,” sebut Helmi.

Terhitung saat ini, Lanjut Helmi yang diamini M Thamrin dan Muhammad Nur serta masyarakat lainnya, ekspose AQUR sampai dimulainya pembangunan jalan, pas empat bulan.

“Dulu disampaikan saat Maulid Nabi, sekarang sudah mendekati Isra’ Mi’raj. Ini adalah bukti, bukan janji. Kita mendo’akan agar AQUR sebagai putra terbaik Tanah Periuk selalu diberi kesehatan, kesabaran dan kekuatan, sehingga terus berjuang untuk kemajuan masyarakat banyak,” jelasnya lagi.

Ditegaskan Helmi lagi, bahwa Kadis PU Bungo sudah berkali-kali menyampaikan kepadanya, bahwa Dinas PU hanya sebatas mengerjakan jalan, namun yang memperjuangkan kehadiran jalan yang selalu didambakan ribuan masyarakat Tanah Periuk itu, adalah murni perjuangan Abdul Qodir.

“Ngan sudah berkomunikasi dengan Kadis PU Bungo, dia meminta saya dan masyarakat harus berterima kasih kepada nakanda AQUR, karena pembangunan jalan ini adalah hasil dari tangan dinginnya AQUR,” tegas Helmi.

Helmi dan masyarakat Tanah Periuk juga berharap, agar kedepan AQUR bisa memperjuangkan kepentingan masyarakat banyak, diantaranya pendidikan dan infrastruktur lainnya.

“Infrastruktur sangat kita harapkan di Dusun Tanah Periuk. Kita butuh tokoh yang bisa berkomunikasi ke jenjang yang lebih tinggi, untuk memperjuangkannya, termasuk masalah pendidikan dan masalah lainnya,” sebut Rio Helmi dan di amini masyarakat lainnya.

Mantan Rio Tanah Periuk, M Thamrin menambahkan, janji yang disampaikan AQUR memang terbukti. Itikad dan niat baik dan perjuangan AQUR memberikan energi baru bagi Tanah Periuk untuk bisa lebih maju dan sejahtera kedepannya.

Ayah dari Anggun ini menghimbau masyarakat Tanah Periuk untuk bangkit dan bersatu kedepannya, demi cita-cita pembangunan Tanah Periuk. Lebih mendetail, Thamrin menilai pembangunan Tanah Periuk kedepannya, bukan hanya bersifat fisik, tapi lebih meluas yakni membangun non fisik.

“Kemajuan itu akan tercapai bila pembangunan berjalan, juga terciptanya pembangunan mental spritual, sehingga kemajuan dan kesejahteraan itu benar-benar mengakar. Mari kita bangkit dan bersatu untuk Tanah Periuk yang lebih maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Bupati Bungo H Mashuri mengucapkan selamat kepada masyarakat Tanah Periuk atas mulai dibangunnya jalan tersebut. Beliau mengajak dan menghimbau masyarakat untuk bersatu dan meningkatkan semangat kekeluargaan, serta mendukung program pemerintah, sehingga dengan demikian Bungo Maju dan Sejahtera 2021 dapat terwujud dan dinikmati masyarakat.
Sementara itu, Kadis PU Kabupaten Bungo, M Thamrin mengucapkan terima kasih kepada AQUR yang sudah berkomitmen dalam memperjuangkan Dusun Tanah Periuk, khususnya dalam bidang infrastruktur. Kepada masyarakat, Thamrin juga memberikan apresiasi kepada masyarakat atas dukungannya terhadap petugas teknis dan kontraktor pelaksana dalam proses pembangunan. Dia berharap masyarakat ikut mengawasi pekerjaan fisik ini bersama-sama, sehingga hasilnya sesuai dengan harapan bersama.
Senada juga disampaikan toko muda Tanah Periuk, Abdurrahman. Dia mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bungo dan AQUR dalam membangun Dusun Tanah Periuk. Menurutnya, harapan masyarakat untuk pengaspalan jalan ini memang sudah lama ditunggu-tunggu.

“Sudah lama masyarakat mengeluh dengan kondisi jalan yang rusak ini. Dengan adanya pengaspalan ini, kami apresiasi atas kerja keras Pemkab Bungo mengalokasi DAK untuk pembangunan didusun kami,” ujar Rahman.

Pantaun suarabutesarko.com di lapangan, Sabtu 31 Maret pukul 09.15 WIB, pihak dari Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum yang dipimpin oleh Faisal dan pihak kontraktor pelaksana dari CV Citra Agung yang dikomandoi oleh Ibnu, Rudi dan Taufik diiringi Rio Tanah Periuk, Babinsa Tanah Periuk Peltu Mahmud Wahab, Abdul Qodir Umar dan puluhan masyarakat melakukan pengukuran dari simpang Tanah Periuk sampai Pulau Karya.

Setelah selesai mengukur, rombongan diterima di Balai Desa. Faisal mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat. Dia berharap, masyarakat ikut mengawasi pekerjaan ini, agar hasilnya maksimal.

Sehari setelah itu, Minggu 1 April, pukul 10.30 WIB, pihak CV Citra Agung yang diketuai oleh H Ismail Ibrahim turun kelokasi dan melihat langsung kondisi jalan tersebut, dan tidak berapa lama kemudian alat beratnya turun dan mulai bekerja membersihkan badan jalan. hingga pukul 16.00 WIB kemarin, pembersihan sudah mencapai 800 meter, dengan lokasi akhir SLTPN 4 Tanah Periuk.(kar)

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini