oleh

PENTINGNYA BERORGANISASI MENURUT PANDANGAN ISLAM

SUARA ARTIKEL – Islam mengajarkan kita untuk memperbanyak bersilaturahmi kesesama muslim, tetapi sebenarnya bukan hanya kesesama muslim saja kita harus menjalin hubungan baik, Allah SWT mengajarkan kita untuk selalu menjaga hubungan baik juga keseluruh umat yang lain.

Karena menurut si penulis dengan berorganisasi bisa mendidik dan juga mendewasakan diri. Mengapa seperti itu? Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Manusia hidup didunia sangatlah membutuhkan orang lain, tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Maka dapat disimpulkan bahwa sangatlah penting kita berinteraksi dengan manusia lain salah satu caranya dengan berorganisasi. Seperti dalam firman Allah SWT didalam surah Al-Maidah ayat 2 :

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam berbuat dosa”.

Lalu cara membangun organisasi yang Islami haruslah didalamnya terdapat tiga hal yaitu; keikhlasan, kebersamaan dan pengorbanan. Kemudian terdapat unsur-unsur yang dapat dijadikan landasan bagi terbentuknya budaya organisasi. Unsur-unsur tersebut antara lain yaitu :

1. Pendirian
2. Sikap
3. Perilaku
Karakteristik budaya organisasi islam antara lain;
• Bekerja merupakan “ibadah”
• Bekerja dengan azas manfaat dan maslahat
• Bekerja dengan mengoptimalkan kemampuan akal
• Bekerja dengan keyakinan dan optimistic
• Bekerja dengan mensyaratkan adanya sikap tawazun (keberimbangan)
• Bekerja dengan memperhatikan unsur kehalalan dan menghindari unsur haram (yang dilarang syariah)
Konsep budaya organisasi secara islami yaitu hal yang sangat penting dan harus disadari oleh sebuah organisasi yang baik dengan kepemimpinan yang baik, harus disertai dan ditanamkan dengan nilai-nilai yang diyakini oleh setiap elemen organisasi baik atasan maupun bawahan. Tentu nilai-nilainya adalah keislaman.

Dalam firman Allah dijelaskan bagaimana manusia hidup secara bersama atau kelompok.“Hai manusia, Sesungguhnya menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diant ara kamu. Sesunggunya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS.Al Hujurat : 13).

Dalam sebuah organisasi mempunyai prinsip yaitu;
• Perumusan tujuan, sebuah organisasi harus menetapkan tujuan yang hendak dicapai, karena setiap organisasi itu mempunyai dan tujuan masing-masing.
• Kesatuan arah, organisasi harus memiliki konsistensi dan komitmen mulai dari piminan hingga anggota (bawahan).
• Pedelegasian wewenang dan tanggung jawab, seorang pimpinan ataupun anggota organisasi haruslah tanggung jawab serta amanah terhadap tugas mereka.
• Koordinasi, organisasi dapat berjalan efektif bila fungsi koordinasi terhadap pihak-pihak terkait dan pihak luar berkerjasama dengan baik.
• Pembagian kerja, sebuah organisasi harus jelas dalam struktur organisasinya dan job deskripsinya.
• Rentang manajemen, organisasi dapat berjalan sukses jika penempatan tanggung jawab terhadap timnya teratur.
• Tingkat pengawasan, organisasi dapat efektif jika terdapat mekanisme controlling atau pengawasan yang disusun dan dijalankan secara konsisten.
Struktur dan bentuk organisasi islam yaitu, Islam sangat menganjurkan adanya kepastian struktur organisasi sebagaimana tercantum dalam Al Qur’an surat az-Zukhruf ayat 32; Artinya : Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian meraka dapat mempergunakan sebagian yang lain, dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.

Dengan adanya struktur organisasi maka sistem sosial akan berjalan secara lancar. Dapat dibayangkan jika Allah tidak memperkenalkan dan mengajarkan struktur organisasi pada manusia maka kehidupan menjadi tidak dinamis. Namun secara kaidah fakta, struktur organisasi yang membuat dunia dinamis dan bergerak.

Secara sederhana, organisasi merupakan suatu wadah guna menempung aspirasi, pikiran, serta pendapat dari anggota yang lain untuk mencapai tujuan bersama. Dengan melibatkan diri kita dalam organisasi Islam kita dapat membantu menyumbangkan buah fikiran dalam sebuah tindakan untuk membangun sebuah sistem kemasyarakatan yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-sunnah. Dengan begitu membantu terwujudnya modal insan umat Islam yang benar-benar bertamadun dan berkualitas yang akan berjuang untuk agama Islam yang Allah ridhai.

Penulis : Susi Susanti, Misti Mardiana, Lidya Febriani, M. Zulfikar

Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNIVERSITAS JAMBI

Berita Terbaru