oleh

Dialog Literasi Kelapa, Wabup: Kita Berharap Pemerintah Pusat Membantu Industri Kelapa Dalam

SUARA TANJABBAR – Wakil Bupati Hairan, SH mengikuti Dialog Nasional dengan tema ‘Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri’ di Teater Perpustakaan Nasional RI Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Kegiatan sosialisasi kegemaran membaca dan literasi ini dihadiri terbatas maksimum 50 orang on site dan lebih kurang 12.000 peserta secara online oleh jaringan Perpustakaan Nasional RI dan Sahabat Kelapa Indonesia.

Selain Wakil Bupati Tanjab Barat, dialog yang di prakarsai oleh Majalah Trubus ini juga menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Bupati Indragiri Hilir Haji Muhammad Wardan, Direktur Eksekutif International Coconut Community, Ibu Jelfina C. Allouw dan Ketua Sahabat Kelapa Indonesia, Bapak Mawardin M. Simpala.

Dalam pemaparannya, Wakil Bupati Hairan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi, kepada Perpustakaan Nasional RI yang telah memfasilitasi terselenggaranya dialog nasional literasi kelapa ini.

Lebih lanjut, Wabup Hairan menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah membangun sarana irigasi (tanggul) sepanjang lebih kurang 57 kilo meter untuk menunjang pengembangan kelapa dalam.

Namun menurutnya, upaya tersebut belum maksimal sehingga butuh uluran tangan dan perhatian dari pemerintah pusat. Sebagai perbandingan katanya, industri kelapa sawit hari ini mendapatkan bantuan dana dari pemerintah mencapai 30 juta rupiah per hektar untuk replanting.

“Jadi pada kesempatan ini kita berharap agar pemerintah pusat juga bisa membantu industri kelapa dalam, setidaknya mendapatkan perlakuan yang sama seperti program replanting kelapa sawit,” haralnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando., MM dalam sambutannya menjelaskan salah satu fungsi perpustakaan adalah menyediakan literasi (bahan bacaan) untuk mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat termasuk segala hal tentang kelapa. Dan karenanya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya menghimbau kepada segenap jajaran perpustakaan nasional untuk menyusun segala informasi terkait industri kelapa yang ada di indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Indragiri Hilir.

Usai dialog, acara di lanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Kepala Perpustakaan Nasional RI kepada para narasumber.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Tanjab Barat, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Kominfo dan Sekretaris Dinas Perpustakaan Daerah. (Reza)

Komentar

Berita Terbaru