BP2D MEMBERIKAN PENGHARGAAN KEPADA DOSEN UNIVERSITAS MUARA BUNGO

Oleh : Dedi Epriadi, S.Sos.,M.Si.,CPC
Dosen Universitas Muara Bungo dan juga sebagai Researcher Public Policy

ARTIKEL – Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat karna telah berperan dalam kegiatan Urgensi Riset untuk Kebijakan Publik. Dalam Kegiatan tersebut membahas bagaimana Urgensi Riset untuk Kebijakan Publik dimana posisi strategis BP2D dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Gubenur melaksanakan Kebijakan Daerah berbasis kajian, penelitian, inovasi dan teknologi (Research-Based Policy). Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melakukan Koordinasi dan Pembinaan (Indeks Inovasi Daerah, Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah, Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah, Indeks Daya Saing Daerah). Perangkat Daerah merekomendasikan Kebijakan Teknis dan Teknologi Hasil Uji Terap (Pendampingan Program Strategis, seperti Program Petani Milenial.

Baca Juga :  MENAKAR EKSISTENSI BPIP

Community Pelayanan Publik, Intermediasi Teknologi, dan Diseminasi (Fasilitas Hak Kekayaan Intelektual). Media sebagai Informasi Publik, Diseminasi, dan Publikasi Hasil Penelitian. Business Difusi, Diseminasi, Hilirisasi Kawasan Sains dan Teknologi. Akademisi melakukan kemitraan/Kolaborasi (Ruang Lingkup;Join Research, Diseminasi, Publikasi, dan Pelatihan.

Output kegiatan ini merekomendasikan Kebijakan diantaranya Pencapaian target perolehan penghargaan harus dituangkan dalam Renstra Perangkat Daerah/Biro menjadi IKU Perangkat Daerah/Biro, Perolehan penghargaan menjadi target kinerja jabatan sebagai tools untuk self-evaluation kinerja program yang telah dilakukan selama ini oleh pejabat terkait atau OPD nya, Menetapkan SOP pencapaian kinerja Penghargaan, Menumbuhkembangkan inovasi kebijakan program dan kebijakan yang mengarah pada peningkatkan kualitas tata kelola dan pelayanan publik, Melakukan pemetaan sumber daya dan potensi kerjasama dengan pihak lainnya, Menyusun Roadmap dan Rencana Aksi Target Perolehan Penghargaan.

Baca Juga :  STANDAR MINIMIMAL PELAYANAN DI SMP KABUPATEN BUNGO

Inovasi dan Teknologi Rekomendasi Kebijakan Pembangunan Daerah. Melakukan Program Petani Milenial bertujuan menumbuh kembangkan kewirausahaan muda pertanian, Meregenasi Petani, agar generasi milenial tertarik menjadi petani dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi, Menciptakan pertanian maju, mandiri dan Modern, Mengurangi problem ketersediaan tenaga kerja pertanian. Inovasi dan Teknologi untuk Akselerasi Penurunan Stunting menuju Generasi Emas. Program Gizi untuk Prestasi, program ini merupakan program berbasis sekolah yang melibatkan kerja sama multisector melalui implementasi Pratik gizi dalam kegiatan intrakurikuler/ekstrakurikuler di sekolah/rumah, Program ini bertujuan untuk mengembangkan anak AWESOME (Active, Well-nourished, Smart of Me), Program ini terdiri atas tiga unsur yaitu pendidikan gini yang berkelanjutan, lingkungan sekolah yang kondusif, kebijakan, dan manajemen sekolah yang mendukung.

Baca Juga :  Membangun Empati dan Kepedulian di Era Digital

Kesuksesan yang saya raih saat ini akan menjadi indikator dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta saya akan terus berupaya untuk membawa nama baik Kampus Universitas Muara Bungo tidak hanya ditingkat Nasional melainkan di Tingkat International.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo beserta seluruh pengurus yang sudah memberikan dukungan kepada saya hingga saya bisa mendapatkan sertifikat penghargaan ini,” pungkasnya.

Komentar