Air Terjun Dusun Leban Yang Nyaris Terlupakan

933

SUARA BUNGO – Salah satu misi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Setih Setio Muara Bungo adalah menyiapkan potensi sumber daya manusia yang produktif dalam organisasi dan mampu berperan serta dalam pembangunan nasional dan daerah.

Peserta KKU STIA Setih Setio Muara Bungo beserta Dosen supervisor foto bersama dengan masyarakar Dusun Leban

Dengan ditempatkannya Kuliyah Kerja Usaha (KKU) STIA di Dusun Leban, Kecamatan Rantau Pandan, Bungo, Jambi ini, mahasiswa STIA Setih Setio Muara Bungo mencoba dan menggali potensi yang ada di Dusun Leban. Setelah lima hari di lokasi KKU bersama dosen supervisornya, Bapak H. Bakhtiar Ramli. SE., M.Si mengadakan penelitian dan mencoba mengenalkan kembali tempat–tempat wisata alam yang selama ini nyaris terlupakan.

Dengan kehadiran peserta KKU Mahasiswa STIA Setih Setio Muara Bungo lebih memperkenalkan ke masyarakat luas tempat wisata alam Dusun Leban yang tidak kalah bagusnya dari tempat–tempat wisata lain, seperti air terjun yang tingginya mencapai 70 meter yang tidak terlalu jauh dari pusat pemerintah Dusun dengan jarak 3,5 km dan dapat dijangkau dengan mudah dengan kendaraan roda dua, bersepeda maupun roda empat.

Tempat wisata air terjun Leban ini nyaris terlupakan bila tidak dibenahi. Akses jalan kesana harus diperbaiki dengan lebih baik lagi dan nantinya dapat memancing wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga makin banyak wisatawan yang datang kesana akan mengubah taraf hidup penduduk Dusun Leban khususnya dan dapat meningakatkan PAD Kabupaten Bungo umumnya. Jikalau Air Terjun yang ada di Dusun Leban sudah banyak dikenal oleh orang luar, maka akan membangkitkan tempat wisata alam lain yang ada di Kabupaten Bungo.

Dengan adanya tulisan ini berarti Kecamatan Rantau Pandan juga memiliki tempat wisata alam air terjun tepatnya di Dusun Leban yang hanya berjarak 4 km dari pusat pemerintah kecamatan.
Mudah–mudahan, kanti–kanti dapat menikmati wisata alam dan kepada masyarakat Kabupaten Bungo tergugah untuk berkunjung ke Dusun Leban untuk menikmati “Air Terjun” untuk bersenang-senang bersama keluarga atau kerabat lainnya di waktu senggang.

Penulis : H. BAKHTIAR RAMLI, SE., M.Si
Dosen Supervisor KKU STIA Setih Setio Muara Bungo

Silahkan Komentar nya Tentang Berita Ini